IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PEKANBARU
Keywords:
Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia, Tes Diagnostik, Soal pilihan Ganda Tiga TingkatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan kategori tingkat miskonsepsi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pekanbaru pada konsep-konsep materi kesetimbangan kimia yang telah dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dan pengambilan data dilakukan pada bulan April 2017 di SMAN 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Pekanbaru yang berjumlah 161 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pilihan ganda tingkat tiga. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dengan persentase yang berbeda-beda yaitu pada konsep pengertian kesetimbangan kimia dengan persentase 34,78% (kategori miskonsepsi sedang), pada konsep kesetimbangan heterogen dengan persentase 36,34% (kategori miskonsepsi sedang), pada konsep hubungan derajat diosiasi dengan kesetimbangan dengan persentase 33,54% (kategori miskonsepsi sedang), pada konsep cara menghitung Kc dengan persentase 43,79% (karegori miskonsepsi sedang), pada konsep cara menghitung Kp dengan persentase 27,55% (kategori miskonsepsi rendah), pada konsep azas Le Chatelier dengan persentase 36,76% (kategori miskonsepsi sedang) dan pada konsep penggunaan prinsip kesetimbangan dalam dunia industri dengan persentase 23,60% (kategori rendah).