PENERAPAN MODEL E-LEARNING BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AN-ORGANIK II

Authors

  • Elva Yasmi Universitas Riau Author
  • Erviyenni Erviyenni Universitas Riau Author
  • Sri Wilda Albeta Universitas Riau Author

Keywords:

Model e-Learning Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Riau. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester V (lima). Kelas eksperimen menggunakan model e-learning berbasis masalah, sementara kelas kontrol menggunakan pembelajaran klasikal. Pengujian hipotesis perbedaan motivasi belajar dan peningkatan hasil belajar menggunakan independent sample t-test SPSS-20. Pengujian hipotesis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan correlation SPSS-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan model e-learning berbasis masalah dibandingkan dengan mahasiswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran klasikal. 2) Tidak terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiwa yang diajarkan dengan pembelajaran klasikal. 3) Terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model e-learning berbasis masalah.

Downloads

Published

2017-01-21