PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA
Keywords:
Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Solving, KspAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis problem solving untuk menunjang pembelajaran kimia di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengambangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi Definition (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian pengambangan dilakukan di laboratorium Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. Objek penelitian adalah LKPD berbasis problem solving. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, yaitu dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Skor rata-rata penilaian kelima aspek kelayakan LKPD oleh tim validator, yaitu kelayakan isi, penyajian, didaktis, konstruksi (kebahasaan) dan teknik (kegrafisan) berturut-turut memiliki nilai kelayakan, 89,58%, 93,75%, 90,00%, 96,67% dan 89,50% dengan rata-rata keseluruhan 91,9%. Artinya LKPD yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran kimia.