Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Terintegrasi Model Pembelajaran PBL pada Materi Larutan Penyangga

Authors

  • Vira Maharani Universitas Negeri Medan Author
  • Marini Damanik Universitas Negeri Medan Author
  • Zainuddin Muchtar Universitas Negeri Medan Author
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Medan Author
  • Susilawati Amdayani Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Video learning media, buffer solution material, Canva application, PBL learning model, research and development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui kelayakan media pembelajaran video berbasis aplikasi Canva terintegrasi model pembelajaran PBL, 2. Mengetahui kepraktisan media pembelajaran video bagi guru di SMA Budi Agung Medan, dan 3. Mengetahui bagaimana respons siswa kelas XI di SMA Budi Agung Medan terhadap media pembelajaran video yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (R&D), dan model pengembangan 4D digunakan untuk menguji efektivitas produk tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMA Budi Agung Medan, dan sampel yang digunakan adalah sekitar 41 siswa kelas XI IPA kelas Ustman bin Affan. Hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran video menghasilkan nilai persentase rata-rata sebesar 78% dengan kriteria cukup valid, sedangkan hasil validasi ahli media menghasilkan nilai persentase rata-rata sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru menghasilkan nilai persentase rata-rata sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. Hasil angket respons siswa terhadap media pembelajaran video menghasilkan nilai persentase rata-rata sebesar 84% dengan kriteria menarik.

Downloads

Published

2025-01-27