Hubungan Self Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Kimia
Keywords:
Relationship, self regulated learning, learning outcomes chemistryAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah hubungan self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 217 orang siswa kelas X IPA dan sampel penelitian berjumlah 54 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas siswa memiliki tingkat self regulated learning dengan kategori sangat tinggi dengan persentase 84,62%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Sig.(2-tailed) antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari pada 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang positif antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa. Didapatkan juga nilai rxy 0,617 pada taraf signifikansi 5% (0,339) dimana rxy ≥ rtabel yaitu 0,617 > 0,339 yang menunjukkan adanya hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru.