Analisis Hubungan Kemampuan Matematika dan Kemampuan Analisis Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Zainuddin Muchtar Universitas Negeri Medan Author
  • Freddy T. M. Panggabean Universitas Riau Author
  • Puspa Olivia Pardede Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

CORE learning model, chemistry learning, learning achievement, equilibrium of ion and pH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan Matematika dan kemampuan analisis Kimia terhadap hasil belajar siswa pada materi Asam Basa di kelas XI MIA 3 SMAN 1 Batang Kuis. Dalam materi Asam Basa siswa haris mampu menguasai konsep teori dan perhitungan dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini menggunakan teknik cause and effect dengan analisis uji regresi linier untuk melihat hubungan tiap variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, masing-masing sebesar 74,5% kemampuan matematika dan 83% kemampuan analisis kimia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Asam Basa. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dengan persamaan Y = 23,257 + 0,314X1 + 0,450X2.

Downloads

Published

2025-01-23