Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi
Keywords:
Development, assessment instrument, concept understanding, four-tier diagnostic test, eaction rateAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen tes diagnostik berformat four-tier yang layak dan valid digunakan dalam mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan laju reaksi di SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Persiapan Stabat dengan pengambilan sampel melalui teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi kualifikasi baik Hasil uji coba reliabilitas menunjukkan angka reliabilitas sebesar 0,77 sehingga dapat digunakan dalam mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep pada materi laju reaksi